Panduan Menulis Proposal yang Menarik



Langkah Mudah Menulis Proposal Berkualitas

Mengapa harus menulis proposal?
Pada dasarnya, menulis sebuah proposal adalah bagian dari langkah penting untuk memformulasikan gagasan atau ide agar dapat diketahui oleh pihak lain. Karena proposal dibuat dalam bentuk tertulis, maka proposal pun dapat memberi gambaran yang jelas sehingga mudah dipahami dan memungkinkan untuk dikaji sebelum nantinya diemplementasikan. Jadi, menulis proposal yang menarik adalah hal yang penting.
Panduan Menulis Proposal yang MenarikPada dasarnya, proposal ada berbagai macam jenis yang masing – masing digunakan untuk keperluan yang berbeda. Misalnya saja proposal bisnis, proposal kegiatan rutin, proposal kegiatan acara dan lainnya. Sifat dari proposal pun dapat berupa proposal formal mau pun non formal.
Proposal dalam bentuk formal biasanya dibuat untuk instansi resmi di kalangan pendidikan, juga pemerintahan. Sedangkan proposal dengan konsep yang non formal (dapat dibuat dengan konsep yang lebih kreatif) banyak digunakan untuk kegiatan yang sifatnya ditujukan untuk mencari sponsor atau donatur.
Lantas, bagaimana menulis proposal yang menarik? Ada beberapa langkah mudah yang perlu Anda perhatikan berikut ini.

Langkah Mudah Menulis Proposal

  1. Perkenalkan diri Anda dan latar belakang kegaitan dengan jelas.

Ceritakan siapa diri Anda (organisasi / kelompok / lainnya), latar belakang Anda (pendidikan, pengalaman, prestasi), termasuk juga latar belakang mengapa Anda hendak mengadakan kegiatan.

  1. Jelaskan Kegiatan Anda

Paparkan secara sederhana namun jelas, apa produk atau jasa atau kegiatan yang akan Anda sajikan. Apa saja keunikannnya, seperti apa keunggulannya, dan apa pentingnya diadakan kegiatan tersebut.

  1. Gambarkan Target Anda

Paparkan mengapa Anda memilih atau menyasar segmen tersebut. Jika mungkin, perkuat argumen tentang pilihan pasar dengan cerita pengalaman dan data riset yang dimiliki.

  1. Jelaskan Nilai Jual  & Keunggulan Produk Anda

Jelaskan mengapa Anda yakin bahwa kegiatan Anda memiliki manfaat yang besar bila diadakan. Anda bisa menjabarkan keunggulan produk / jasa / kegiatan Anda dari sudut pandang mana pun yang dirasa paling menarik.

  1. Jelaskan Siapa Saja yang Terlibat

Menjelaskan siapa saja yang terlibat, dapat meliputi susunan panitia, atau pengisi acara Anda.

  1. Paparkan Biaya Anda Secara Logis

Paparkan secara terperinci, biaya apa saja yang Anda butuhkan, dan juga dari mana saja rencananya Anda akan menutup semua biaya tersebut. Ingat untuk selalu membuat perkiraan biaya yang masuk akal atau logis.

  1. Jelaskan Mengapa Kegiatan Anda Layak & Patut Didukung

Jika memungkinkan, Anda bisa melengkapi proposal Anda dengan data riset atau sekurangnya analisa potensi pasar yang Anda buat. Paparan tentang analisa potensi kegiatan di masa depan penting dilakukan untuk memperbesar peluang keberhasilan diterimanya proposal Anda oleh berbagai pihak.

  1. Paparkan Apa yang Anda Tawarkan Untuk Para Sponsor

Khusus proposal yang ditujukan untuk mencari sponsor, sertakan alasan kuat apa yang bisa Anda tawarkan untuk mereka bila mereka mendukung kegiatan Anda. Pastikan bahwa mereka pun memiliki keuntungan tersendiri (dalam bentuk apa pun) bila mendukung kegiatan Anda.

Kunci Utama Proposal Berkualitas

Bila disimpulkan, sebuah proposal yang berkualitas pada dasarnya harus menarik. Lantas, bagaimana membuat suatu proposal itu menarik? Beberapa kuncinya adalah : bahasa yang digunakan jelas, isinya informatif dan mengandung semua informasi dasar yang dibutuhkan, padat dan tak terlalu bertele - tele, menyajikan hal yang kreatif dan unik, pihak penyelenggara jelas dan terpercaya, estimasi dana logis.
Jika masih belum jelas, pada postingan berikutnya akan ada sajian contoh proposal sederhana yang bisa Anda jadikan rujukan.

Download file ini

Bagikan

Jangan lewatkan

Panduan Menulis Proposal yang Menarik
4/ 5
Oleh

Jangan membuat link aktif dalam komentar