Belajar tentang Surat Prive atau Surat Pribadi



Apa Itu Surat Prive? Seperti Apa Contoh Surat Prive? Cari Tahu Disni Yuk


Sudah pernah dengar yang namanya ‘surat prive’? Duh, kalau yang namanya ‘surat pribadi’? Sudah tahu? Hmm, surat prive ini nama lain dari surat pribadi loh. Memang kata ‘prive’ lebih jarang digunakan ketimbang ‘pribadi’. Prive ini indentik dengan kata privat atau pribadi. Jadi, keduanya sama saja.

Pengertian surat prive
Nah, kalau sudah tahu nama lain dari surat prive, kita lanjut pada pengertian surat prive ya. Surat prive atau yang juga disebut dengan surat pribadi ini adalah surat yang dibuat oleh seseorang atas namanya sendiri yang ditujukan kepada instansi atau badan resmi yang ditujukan kepada perusahaan.
Okay, jadi pada intinya, surat prive itu harus (1) dibuat atas nama pribadi (2) ditujukan resmi pada instansi atau perusahaan. Kedua hal ini harus dipenuhi loh. So, sudah tahu apa saja yang termasuk surat prive? Okay dech, mari kita tengok contoh surat prive.

Contoh surat prive
Nah, ada beberapa contoh surat prive, yang antara lain sebagai berikut :
1.      Surat lamaran kerja
2.      Surat ijin
3.      Surat permohonan cuti
4.      Surat permohonan mendapatkan kredit rumah
5.      Surat pemberitahuan
Dan masih banyak lagi dech contoh surat prive lainnya.

Bentuk surat prive
Bentuk surat prive ini tentu berbeda dengan surat niaga atau surat dinas. Meski ditulis dan ditujukan untuk instansi atau badan resmi, tapi surat prive bisa lebih fleksibel karena ditulis oleh perorangan.
Surat prive ini biasanya tidak lagi menggunakan nomor surat, lampiran atau pun hal seperti dalam surat dinas maupun surat niaga. Meski penulisan nomor, lampiran dan hal pada surat prive tidak perlu, tapi masih ada juga orang yang menggunakannya di dalam surat prive mereka, untuk surat – surat tertentu.
Bentuk surat prive yang paling umum digunakan dalam surat prive resmi adalah bentuk balok atau yang juga disebut surat bentuk lurus. Surat bentuk lurus ini memang yang paling banyak dianjurkan.
Dalam menulis surat prive resmi, aturan yang digunakan secara umum sama dengan aturan dalam menulis surat resmi. Hanya saja, terdapat penekanan yang berbeda pada isi surat prive. Pola cara penyampaian pokok – pokok pikiran yang dituangkan dalam bentuk paragraf atau alinea harus betul – betul diperhatikan.
Untuk tujuan ini, maka seorang penulis surat dituntunt agar cukup mahir dalam membuat alinea yang benar. Lantas, seperti apa alinea yang benar? Alinea atau paragraf yang benar ini haruslah mengandung satu pokok pikiran dalam satu paragraf. Selain itu, harus pula dilengkapi dengan kalimat penjelas. Antara satu paragraf dan paragraf yang lain pun juga harus sinkron.

Belajar membuat surat prive lamaran kerja
Agar lebih jelas, mari kita belajar membuat salah satu bentuk surat prive, yakni surat lamaran kerja. Ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan dalam membuat surat lamaran kerja, terutama dalam segi isi. Isi lamaran kerja yang baik, harus dapat memenuhi persyaratan sebagai berikut :
1.      Mengandung kualifikasi penulisnya
2.      Memiliki sumber lamaran, yakni dari mana seorang penulis mendapatkan informasi adanya kesempatan lamaran tersebut.
3.      Mengandung keinginan pelamaran secara jelas.

Di dalam surat prive lamaran kerja inilah, sering dituliskan hal dan lampiran. Beberapa juga mencantumkan kolom nomor surat, meskipun tidak diisi. Agar lebih jelas, format penulisan surat prive lamaran kerja, dapat meliputi :
1.      Tanggal dan tempat pembuatan surat.
2.      Alamat tujuan surat
3.      Hal dan jumlah lampiran yang disertakan (pilihan)
4.      Salam pembuka (Dengan hormat,)
5.      Alinea pembuka dan identitas atau kualifikasi penulis
6.      Isi dilanjutkan alinea penutup.
7.      Salam penutup (Hormat saya,)
8.      Tanda tangan pengirim surat
9.      Nama terang pengirim surat


Bagikan

Jangan lewatkan

Belajar tentang Surat Prive atau Surat Pribadi
4/ 5
Oleh

Jangan membuat link aktif dalam komentar