Contoh Surat Perjanjian Jual Beli Naskah Putus



Download Blanko Kosong Surat Pernjanjian Jual Beli Naskah


Dalam industri penerbitan buku, kerjasama yang baik antara penulis dan penerbit adalah hal yang penting. Ketika seorang penulis menerbitkan buku melalui penerbit, maka penulis berhak untuk mendapatkan upah atas karya tulisnya. Hanya saja, upah ini bisa diberikan dalam berbagai bentuk.

Penulis bisa mendapatkan upah sebagai bentuk royalty yang diberikan setelah buku terjual, dan sesuai dengan jumlah buku yang terjual, atau bisa juga dibayar dimuka sebelum buku laku, melalui sistem beli putus.

Nah, bagi yang melakukan sistem beli putus naskah ini, maka diperlukan pula naskah perjanjian yang jelas, yang menyatakan tentang kondisi naskah tersebut. Penulis dan penerbit perlu membuat surat perjanjian jual beli naskah. 

Meskipun dilakukan dalam kerjasama beli naskah putus, surat perjanjian jual beli naskah ini juga memegang peran penting dan harus diperhatikan tentang isi dan pasal-pasal dalam surat perjanjian tersebut.

Untuk lebih jelasnya, berikut terdapat contoh surat perjanjian jual beli naskah yang ditulis secara sederhana yang dilakukan melalui sistem beli putus.


Contoh surat perjanjian jual beli naskah putus

PERJANJIAN JUAL BELI

Yang bertanda tangan di bawah ini :
1. Nama                 : ………………………………………………………….
Pekerjaan           : ………………………………………………………….
Alamat              : ………………………………………………………….
Selanjutnya dalam surat perjanjian ini disebut sebagai pihak kesatu (1).

2. Nama                 : ………………………………………………………….
Pekerjaan           : ………………………………………………………….
Alamat              : ………………………………………………………….

Selanjutnya dalam surat perjanjian ini disebut sebagai pihak kedua (2).
Kedua belah pihak, yaitu pihak kesatu dan pihak kedua telah sepakat mengadakan perjanjian jual beli naskah sebagaimana yang diatur dalam pasal – pasal berikut ini :

Pasal 1
1.      Pihak ksatu (1) selakuk penulis buku (naskah) yang berjudul …………. ………………………  yang akan diterbutkan oleh pihak kedua (2) dengan ini menjual naskah dengna hak cipta (copy right) nya kepada pihak kedua (2) dengan jual beli lepas tanpa ikatan apa pun lagi.
Pasal 2
2.      Pihak kedua (2) membeli naskah (poin satu) dengan tunai sebesar Rp. ……… ……………… (…………………………………………………) dari pihak kesatu (1).
Demikianlah perjanjian jual beli ini kamibuatbersama dengan itikad yang baik dan ditulis di atas kertas bermaterai yang cukup.


Jakarta, …………………… 20 ….
Pihak kesatu,
Pihak kedua,


(……………………)
(……………………)
Saksi :
1.      ……………
2.      ……………
3.      ……………



Bagikan

Jangan lewatkan

Contoh Surat Perjanjian Jual Beli Naskah Putus
4/ 5
Oleh