Contoh Surat Peringatan Terakhir untuk Penagihan Pembayaran



Membuat Surat Peringatan yang Terakhir untuk Debitur yang telah Menunggak Pembayaran


Ada kalanya, seorang debitur menunggak pembayarannya kepada pihak kreditur dengan berbagai macam alasan. Untuk itu, kreditur perlu memberikan surat peringatan. Surat peringatan diberikan dengan tujuan untuk mengingatkan pihak debitur bahwa pihaknya masih memiliki tanggungan hutang.

Surat peringatan ini dapat diberikan beberapa kali. Misalnya, setelah surat peringatan pertama diberikan pada pihak debitur, tapi beberapa hari kemudian masih belum ada tanggapan berupa pengiriman pembayaran atas rekening yang telah lewat tanggal pembayarannya

Jika demikian, maka pihak kreditur dapat mengirimkan surat peringatan kedua. Jika masih belum ada tanggapan, maka surat peringatan ketiga dapat dikirimkan. Biasanya, surat peringatan ketiga ini merupakan surat peringatan terakhir bagi pihak debitur agar harus melunasi hutangnya.

Namun, dapat juga surat peringatan terakhir ini dikirimkan pada surat kedua. Pada surat permintaan terakhir, isi suratnya bukan lagi bernada peringatan namun sudah bernada permintaan.

Kreditur pun dapat melakukan beberapa cara penagihan surat peringatan terakhir ini melalui telepon atau kunjungan pribadi. Telepon atau kunjungan pribadi ini dilakukan dengan maksud mempertegas kewajiban debitur akan hutangnya.

Namun, hal ini dapat dijuga digunakan dengan mengirimkan kembali surat susulan berupa surat peringatan terakhir. Surat permintaan terakhir ini memiliki penekanan yang berbeda dari surat peringatan pertama.

Pada intinya, surat peringatan terakhir benar-benar meminta dengan sangat agar debitur melunasi hutangnya. Agar lebih jelas, dapat diperhatikan contoh surat peringatan terakhir berikut ini.


Contoh Surat Peringatan Terakhir

TOKO BENGAWAN SOLOKU
Jalan Slamet Riyadi 999, Surakarta
--------------------------------------------------------------------
Yang terhormat                                                           22 Desember 2015
Sdr. Budi Dadi
Jalan Mangkuyudan 88
Sukoharjo

Dengan hormat,

Pada tanggal 14 Desember 2015, kami telah mengirim surat kepada Saudara (salinan terlampir) mengenai penyelesaian rekening Saudara sebesar Rp 12.500.000 (dua belas juta lima ratus ribu rupiah) yang sebenarnya harus telah Saudara bayar selambat-lambatnya akhir bulan November 2015.

Tidak dapat kami ragukan lagi, bahwa Saudara tentu mempunyai alasan-alasan mengapa pembayaran rekening tersebut belum sampai kepada kami. Karena kami sangat menghargai usaha Saudara, maka kami akan bersenang hati jika Saudara memberikan sedikit keterangan kepada kami.

Oleh karena rekening tersebut sudah cukup lama, maka kami harapkan Saudara dapat meluangkan waktu untuk mengirimkan uang yang tidak seberapa besar itu, sehingga dapat mendorong kelancaran usaha kami.

Hormat kami,
Toko Bengawan Soloku

Ttd

Dirjo Martono
Direktur


SA/MJA
Lamp : 1 (satu)


Bagikan

Jangan lewatkan

Contoh Surat Peringatan Terakhir untuk Penagihan Pembayaran
4/ 5
Oleh

Jangan membuat link aktif dalam komentar