Surat Bahasa Inggris Complaining Letters karena Barang yang Diterima Rusak



Bagi para penjual, mengecewakan pembeli bukanlah hal yang diinginkan. Sebisa mungkin, para penjual akan melakukan yang terbaik agar para pembeli atau pelanggannya bisa merasa puas, baik terhadap produk maupun pelayanannya.

Sebab, kepuasan pelanggan bisa menjadi tolok ukur bahwa si penjual sukses dalam menjual produknya pada konsumen. Ketika konsumen puas, maka hal ini pun juga sangat berpengaruh terhadap kelancaran usaha dan penjualan berikutnya.

Konsumen bisa menjadi pelanggan tetap yang akan membeli produknya secara berkelanjutan, atau bahkan ikut merekomendasikan produk yang kita jual kepada rekan -rekannya yang lain. Hal ini, tentu sangat menguntungkan bagi pihak penjual bukan?


Sayangnya, berbagai upaya yang dilakukan untuk memuaskan pelanggan kadang bisa terganjal. Salah satunya karena adanya barang yang rusak ketika diterima konsumen. Jika barang rusak ketika sampai di tangan konsumen dan tidak bisa digunakan, maka tentu konsumen akan merasa kecewa.

Jika hal ini terjadi, biasanya pembeli atau konsumen akan melayangkan pengaduan atau keluhan. Keluhan ini bisa disampaikan melalui surat keluhan atau surat pengaduan atau bila dalam bahasa Inggris sering disebut sebagai complaining letters.

Surat pengaduan atau surat keluhan dari pembeli harus dibaut dengan jelas, langsung pada tujuan dan tetap sopan. Selain itu, dalam surat keluhan ini perlu pula disapaikan nomor pesanna, jenis barang, tanggal pengiriman barang, keluhan, serta informasi lain yang dirasa penting disampaikan.

Kali ini, yang kita akan pelajari adalah membuat surat keluhan bahasa Inggris atau complaining letters. Surat pengaduan bahasa Inggris karena barang yang diterima dalam keadaan rusak ini bisa dibuat dengan kosakata yang beragam.

Sebagai referensi, berikut ini terdapat contoh surat pengaduan bahasa Inggris. Sebelum memasuki contoh surat, akan disajikan pula beberapa contoh paragraf pembuka dan paragraf penutup dalam bahasa Inggris untuk complaining letters.

Contoh Opening Paragraph Complaining Letters
  • We are sorry to report that one of the cases we received last week was badly damaged.
Kami sangat menyesal untuk menyampaikan bahwa salah satu peti yang kami terima minggu lalu dalam keadaan rusak berat.

  • We are writing to let you know that case No. … dispatched under your advice of …. Was badly damaged when received.
Kami menulis untuk memberitahukan Saudara bahwa peti No… yang dikirimkan melalui pemberitahuan Saudara tanggal … ternyata rusak berat sewaktu kami terima.

Contoh Closing Paragraph Complaining Letters
  • We shall be glad to learn that you are prepared to make some allowance for the damage.
Kami sangat senang mendengar bahwa Saudara bersedia mengganti kerusakan.

  • We should be obliged if you could investigate these matters as soon as possible and let us have your comments.
Kami sangat berterima kasih jika Saudara dapat menyelidiki masalah -masalah ini dan memberi kami bagaimana tanggapan Saudara.

PT. LINGGAR JATI
Jalan Arjuna Wiwaha B5 No 55
Banjarmasin, Kalimantan Selatan
------------------------------------------------------------------------
15th October, 2016

Mr. Smith Hegel
Marketing Manager
PT. Gee’s Crafty
11 Jln. Bhayangkara Pusat
Bangka

Dear Mr. Hegel,

Subject : Our Order No. 111DD

We are sorry to report that seven of the forty- two table -lamps we ordered from you on 29 August we received yesterday morning, were badly damaged.

As the package containing the table -lamps appeared to be in perfect condition, I received and signed for it without any questions. I unpacked the table -lamps myself with great care and can only assume that the damage must be due to careless handling at some stage prior to packing.

I shall be glad if you will replace all the damaged table -lamps. I have put all the damaged table -lamps aside and in case you need them to support this claim. I’ll send them back to you.

Yours sincerely,

TTD

Yaksa Ramadi

Purchase Department

Bagikan

Jangan lewatkan

Surat Bahasa Inggris Complaining Letters karena Barang yang Diterima Rusak
4/ 5
Oleh

Jangan membuat link aktif dalam komentar