Surat Bahasa Inggris Complaining Letters karena Mutu Barang Tidak Sesuai



Ketika memutuskan untuk berdagang, tentu orientasi utamanya adalah soal keuntungan. Ketika bisa mendapatkan keuntungan yang setinggi mungkin, maka hal itu akan lebih baik. Salah satu cara untuk bisa mendapatkan keuntungan yang tinggi adalah bila ada banyak pelanggan yang membeli barang dagangan kita.

Untuk bisa menarik pelanggan sebanyak mungkin, berarti kita juga perlu memuaskan pelanggan atau memenuhi apa yang diinginkan oleh para pelanggan sebagai konsumen. Karenanya, setiap penjual akan selalu berusaha untuk tidak mengecewakan para pelanggannya.


Penjual umumnya akan senantiasa berusaha memberikan pelayanan dan produk yang terbaik untuk para pelanggan. Dengan begitu, para pelanggan bisa merasa puas dan kembali lagi untuk membeli di kemudian hari, atau bahkan ikut mempromosikan barang dagangan kita pada kenalan mereka.

Akan tetapi, ada kalanya apa yang sudah diusahakan sebaik mungkin oleh para penjual ini tidak diterima dengan baik oleh para pembelinya. Bisa saja, barang yang diterima oleh pihak pembeli dirasa tidak sesuai mutunya dengan barang yang dipesan.

Ketika hal ini terjadi, maka pembeli umumnya akan menyampaikan keluhannya. Keluhan pembeli ini bisa disampaikan dalam bentuk surat, yang disebut sebagai surat keluhan atau surat pengaduan. Dalam bahasa Inggris, surat keluhan ini juga disebut complaining letters.

Jika Anda adalah pihak pembeli yang hendak mengajukan complaining letters, maka Anda perlu memperhatikan kaidah penulisan complaining letters ini. Suatu surat keluhan atau surat pengaduan harus dibuat dengan bahasa yang sopan, jelas dan langsung pada tujuan.

Untuk memudahkan pemrosesan keluhan yang disampaikan, dalam surat pengaduan tersebut juga perlu dituliskan nomor pesanan, jenis barang yang dipesan, waktu pengiriman barang, serta keluhan yang disampaikan. Jika ada informasi lain yang penting terkait keluhan akan barang yang dibeli, maka hendaknya juga disampaikan.

Kali ini, kita akan belajar membaut surat pengaduan dalam bahasa Inggris atau complaining letters. Contoh kasus yang kita bahas adalah sebuah complaining letters yang disampaikan karena mutu barang yang tidak sesuai dengan pesanan pembeli.

Berikut ini akan disajikan contoh surat pengaduan dalam bahasa Inggris. Namun sebelumnya, akan disajikan pula beberapa contoh paragraf pembuka (opening paragraph) dan paragraf penutup (closing paragraph) yang biasa digunakan dalam surat pengaduan bahasa Inggris karena mutu barang yang tidak sesuai pesanan.

Contoh Opening Paragraph Complaining Letters
  • We have received a number of complaints from several customers concerning the goods you dispatched on …
Kami telah menerima sejumlah keluhan dari ebberapa pelanggan mengenai barang -barang yang Saudara kirimkan pada tanggal ....

  • When we come to examine the goods we received on … we found that ….
Ketika kami memeriksa barang -barang yang kami terima tanggal … kami menemukan bahwa ...

Contoh Closing Paragraph Complaining Letters
  • We look forward to hearing that the replacement will be sent by return.
Kami menunggu kabar dari Saudara bahwa penggantinya akan dikirimkan secepatnya.

  • We look forward to having your comments by return.
Kami menunggu tanggapan -tanggapan Saudara secepatnya.

Contoh Surat Pengaduan Bahasa Inggris

PT. LINGGAR JATI
Jalan Arjuna Wiwaha B5 No 55
Banjarmasin, Kalimantan Selatan
------------------------------------------------------------------------
15th October, 2016

Mr. Smith Hegel
Marketing Manager
PT. Gee’s Crafty
11 Jln. Bhayangkara Pusat
Bangka

Dear Mr. Hegel,

Subject : Our Order No. 111 DD

After carefully examining the goods supplied to our order No. 111 DD of 11 October, we must express our disappointment at the quality of the goods. The goods you sent does not match the samples you showed us when we met before. Some of them are so poor, and we believe that there must have been some mistake in making up our order.

As the quality of the goods are quite unsuited to our needs, we have no choice but to ask you to replace them by those of the quality ordered.

We should be obliged if you could investigate this matter, and as the goods are urgently needed, please let us have the replacement as soon as possible.

Yours sincerely,

TTD

Yaksa Ramadi

Purchase Manager

Bagikan

Jangan lewatkan

Surat Bahasa Inggris Complaining Letters karena Mutu Barang Tidak Sesuai
4/ 5
Oleh

Jangan membuat link aktif dalam komentar