Contoh Surat Pemecatan atau Pemberhentian Tenaga Kerja

Dalam suatu perusahaan, penerimaan karyawan baru adalah hal wajar. Begitu pun dengan keluarnya karyawan –karyawan yang sudah bekerja di perusahaan tersebut juga merupakan hal wajar. Ada karyawan yang mengundurkan diri sendiri karena alasan pribadinya, tapi ada juga karyawan yang keluar karena pemecatan atau pemberhentian tenaga kerja yang dilakukan oleh pihak perusahaan.

Jika keluarnya seorang karyawan dikarenakan oleh pemecatan atau pemberhentian dari perusahaan, maka perusahaan perlu melakukan pemberitahuan secara resmi. Pemberitahuan mengenai pemecatan atau pemberhentian tenaga kerja ini dapat dilakukan melalui surat, berupa surat pemecatan atau surat pemberhentian tenaga kerja.

Melalui surat pemecatan inilah, disampaikan mengenai kebijakan pemutusan hubungan kerja (PHK) oleh perusahaan kepada karyawan. Dalam surat PHK ini, dituliskan alasan, baik umum maupun khusus, mengenai pemecatan yang dilakukan. Disampaikan pula mulai tanggal berapa karyawan tersebut efektif diberhentikan dari pekerjaannya.

Agar lebih jelas, berikut ini terdapat contoh surat pemecatan atau surat pemberhentian tenaga kerja yang bisa dijadikan sebagai referensi.


Contoh Surat Pemecatan atau Pemberhentian Tenaga Kerja




Senin, 23 Januari 2017

Mahardika, M.Sc/ Direktur Utama
PT Sentosa Bangun Jaya
Jalan Bangau Putih 71, Blok A3,
Karawang.

Kepada,
Yth Budi Laksono, S.E

Bukan rahasia lagi jika PT Sentosa Bangun Jaya (SEBAJA) sedang menghadapi penurunan besar –besaran dalam pasar properti. Hal ini memaksa perusahaan utnuk melakukan beberapa langkah pemangkasan pengeluaran. Karenanya, dengan sangat menyesal kami sampaikan kepada Anda, bahwa terhitung sejak tanggal 31 Januari 2017, posisi Anda di SEBAJA dihapuskan secara permanen.

Mohon dipahami bahwa ini tidak mencerminkan kinerja Anda. Kami menghargai masa bertahun –tahun Anda mengabdi di SEBAJA serta kontribusi yang telah Anda berikan. Sayangnya, penurunan pasar membuat kami tidak lagi membutuhkan banyak tenaga kerja. Dengan terpaksa, kami harus menghapuskan posisi Anda.

Kami sangat bersimpati dan memahami masalah yang dihadapi oleh mereka yang tidak bekerja dan keluarganya. Departemen hubungan masyarakat kami akan melakukan apa pun yang dimungkinkan untuk membantu layanan setelah Anda tidak lagi bekerja di SEBAJA. Jika Anda membutuhkan referensi untuk pekerjaaan baru, silahkan menghubungi kami.

Salam hormat,

Ttd

Mahardika, M. Sc

Direktur Utama